BACKPACKING KE UJUNG KULON TIBA TIBA DITANGGERANG?!

Diposting pada 2017/09/22 oleh Rafii Fujiberkah 184 view
kita memulainya di terminal depok Hallo, backpackers gembel! Berjumpa lagi dengan saya dari…….. petualang cantik dan…. Gemas… kali ini saya ingin mengeksplor wisata yang ada di……. *tuuuuuuuuuuuuuuuuutttttttttt* TV gua kesamber petir. #duaaar!!! #Apaansi lu! #kagaklucu! Gais, kali ini gue mau nulis perjalanan pengalaman gue ke ujung kulon dengan budget 200 juta yang kemahalan tapi tetep gua tulis aja lah diblog ini biar terlihat keren aja. ujung kulon berada di ujung barat pulau jawa yang terkenal dengan ke indahannya yang masih alami dan belum terjamah sama Justin Bieber. Maka dari itu gue udah packing dan siap untuk melakukan perjalanan ini. Sebenernya, buat lu yang manja manja takut ini itu ada beberapa alternative menuju taman nasional ujung kulon. Pertama lu bisa bawa mobil pribadi ataupun tank sekalian melalui kota serang dan pandeglang sejauh 183km dengan pemandangan jalan yang kadang rusak kadang engga, atau melalui cilegon via anyer dengan jarak tempuh sekitatar 215km, terserah lu mau pilih yang mana. Tapi saran gua mendingan lu diem aja dikamar kalo masih manja juga mendingan lu sewa mobil elf dengan harga 3,5 juta bisa tawar ataupun nego sampe deal! Asal jangan afgan alias sadis, aih!! Apaan? Masih kurang nyaman? Ah kampret, mendingan lu sewa jet pribadi aja sana lu terus tabrakin ke jurang. BAB 1. OKE, CABUT SEKARANG! Berawal dari pertemuan titik point diterminal depok, gue bertiga gak pake basa basi langsung jalan dan sewa bus paling mahal se jabodetabek yang ada kolam renang diatap bus menuju kalideres. Harga sewa perjam nya 9ribu, kalo harga ongkos biasa 1 juta. Jadi mendingan lu sewa aja itu bus murah banget! Lu mau bugil didalem bus sambil dangdutan juga kagak ada yang ngelarang. Be-te-we, kenalin dulu temen gua yang satu namanya fahri biasa di panggil ai tapi kalo lu mau manggil tai juga gapapa, dia seneng banget malah. Yang kedua namanya fajar kalo di liat liat komuk wajahnya anak betawi banget. Sekarang rambutnya udah gondrong, apakah jembutnya juga? Oooo Tanya saja langsung ke orangnya. gais, komuk sih tai setelah di palakin sama preman Bus perlahan memulai perjalanannya melewati jalan raya, tadinya mau lewat sungai tapi dapet kabar katanya buaya lagi pada tawuran jadi okelah gapapa perjalanan kali ini lewat tol. Setelah gua itung itung lama nya perjalanan ternyata cuman 2 jam itupun kalo gak bener, berarti salah. Sebenernya perjalanan memakan waktu 85hari kalo lewat rusia, bisa lebih juga. Ah bodoamat, gak mikirin! Kita turun dari bus jadi focal pointnya manusia manusia yang pada numpuk di area terminal kalideres, langsung nyari bus lagi dari kalideres ke serang akhirnya dapet. Karena masih sepi kita langsung taro keril dibarisan paling belakang lalu membeli makanan nasi untuk kita santap didalam mobil sebelum memulai perjalanan. Makanan datang berupa nasi bungkus dan mari kita kenyo, (kenyo itu, artinya makan.) eeeeeeeeeeeeeiiiiiiiiiiiittttttttttsssssssssss!! Nanti dulu. Ini ada apa nih? Tiba tiba manusia yang bisa gua bilang mirip banget gitaris armada dan yayan (the raid) dateng langsung ikut campur sama kita. Rafii : widihhh bang, gak syuting?! Btw action actionnya keren keren! Aku syukaaa bang yayan ^_^ Fahri : bang makan nih bang.. ayo bareng bareng! Fajar : ya jangan begok, nanti makanan kita habis (bisikin fahri) Gitaris armada : eeeee keluarin duit lu semua buru buru buat mabok nih!! Yayan: buruan!! Buat tambahan nih! Buru keluarin! Yak, astagfirullah kita dipalakin didalem bus. Padahal didalem bus sebelumnya ada tukang salak tapi doi pas gua lagi di palakin malah kedepan terus duduk dan pura pura gatau kejadian, kan anjing J Ini gara gara kita gamau beli salak doi jadi kita di biarin gitu aja pas dia ngeliat kita dipalakin. Gua sendiri panik, hp keren gua yang seharga rumah ahmad dhani langsung gua buang kedalem kolong bangku. Si ai masih dipaksa, fajar pun begitu. Karena kelamaan, dia langsung ngeluarin pisau dan menodong ke ai bahkan meminta hp nya si ai. Kalo aja bisa live di Instagram, liat deh gimana paniknya kita, gimana tingkah lakunya sih anjing itu. Halah bangsat banget lah! Dengan terpaksa duit kita kasih 50ribu namun secara bersamaan keluar juga 100ribuan langsung main ambil aja itu si anjing 150ribu dan duit sisa 50ribu, keren gak? Enggak ya? Kerenlah orang doi pas dapet duit kita langsung gibas gibas rambut layaknya bintang iklan shampoo. Tapi, beruntung kita enggak sampe diperkosa. Dan setelah kejadian itu kita harus lebih irit lagi dalam ke uangan, penumpang semakin menumpuk. Perjalanan yang agak serius saatnya dimulai saat sore hari. Melewati tol lagi, kuu bosaannn. Perjalanan ke serang bisa memakan waktu selama…… berapa jam? penting banget emang harus gua kasih tau juga? Oke, Karena gua hampir mirip sama al ghazali makanya gua kasih tau nih, jadi perjalanan ke serang bisa menghabiskan waktu dalam 18.000 ribu rupiah detik. bingung mendingan tidur di warung Karena ini udah malem, kita juga udah diturunin sama si supir. Pas bus lagi ngebut-ngebutnya kita ditendang dari pintu dan si supir sambil bilang “good bye, my friends. See you next time” kita bertiga ada di antara perempatan jalan, di antah berantah yang kagak tau ini dimana. Hujan kecil pun mengiringi kita bertiga berjalan dipinggir jalan. Setelah nanya nanya sama warga lokal kita di kasih tau arah menuju ujung kulon yang katanya masih jauh banget. Berjalan ditengah malam yang sepi terlihat gubuk derita dipinggir jalan yang bikin kita mupeng pengen tidur disitu sampe tahun 2025. Kagak pake lama ada bus kecil memperlambat jalannya dan menginjak remnya persis didepan kita. Knek bus : mas mau kemana? Fajar : ujung... apa? Fahri : kulon... Rafii : pak! Knek bus : ha... apa? Penumpang : yuk.... apa? Penumpang 2 : naik.... apa? Penumpang 3 : ini.... apa? Penumpang 4 : mau.... apa? Supir : ke ujung kulon! Bangsat ribet juga ya ngomongnya, BAB 2. DITURUNIN DITENGAH HUTAN! Sekarang, kita bertiga sudah di dalam bus yang begitu sempit karena dempet dempetan, karena murah juga, karena ini larut malam, karena emang sudah penuh ditambah kita bertiga, jadi... apa? Jadi makin menumpuk pantat gabisa bergerak bebas. Waktu yang paling terbaik adalah tidur tapi sih fahri kagak tidur dia masih trauma sama kejadian tadi siang doi ngejagain carrier kita bertiga, tidur secara bergantian. Bangun bangun ternyata gelap gulita. Bener banget! Ini ditengah hutan, kita bertiga bangun. Sih fahri langsung waspada, fajar juga dan gua ikut ikutan waspada. Ini ada apaan sih ditengah hutan mobil berhenti. Didalam bus emang kesisa beberapa orang yang wajahnya bisa dibilang 11-12 sama yang tadi siang. Fahri punya firasat buruk, sih fajar langsung bersigap, gue jugak sambil setengah tidur. Supir : bang... mobil sampai disini aja ya, itu didepan jalan berlobang dan ketutup rusak. Penumpang : ohiyaaa gapapa kita turun disini aja, ohiya mas nya mau kemana? Ikut saya aja yuk kerumah istirahat dulu lanjut besok, deket kok rumah saya kita jalan kaki aja. (nawarin ke kita) nyampe juga dikampung yang harmonis Emang sih, sepanjang perjalanan itu kagak ada yang bener bus hampir terbalik lah, pala udah langganan banget sama jendela, kejedot sanah sinih. alias jalan hancur kayak hubungan percintaan gue yang lagi cinta cinta nya tapi kandas ditengah jalan, tuhkan malah jadi curhat L dan, sih ai masih trauma, fajar juga, dan gue masih pura pura nanya apa aja untuk memastikan orang ini bener apa kagak. Karena sudah jam 2 pagi yang bener bener ditengah hutan dan becek, jalan berlubang. Mau kagak mau gue harus paksa sih ai dan fajar buat setuju sama ajakan sih 4 orang bapak ini. Kita ber tujuh jalan ditengah jalan dan ditengah hutan yang gelap gulita dan hanya menggunakan senter hp. Kita bertiga jalan paling belakang, sekalian berwaspada juga. Kalo tuh bapak bapak jahat sama aku, aku langsung pura pura kesurupan ajalah, bodoamat. Akhirnya, tiba lah kita di kampung ini. Kampung yang setelah hutan lebat, kampung yang hanya ada beberapa rumah dengan penerangan seadanya. Disambut dengan anjing bergongong, berpisalah bapak bapak ini kerumahnya masing masing. Kita bertiga diajak ke salah satu rumah. Akhirnya istri nya keluar dengan senyuman kangen, mereka bermanja manja. Dan menjelaskan siapa kita, istrinya pun seneng banget kedatengan tamu se tampan kita. semua makanan dikeluarin, sampe kasur lemari alat masak perabotan semuanya dikeluarin keluar rumah, sampe dalem rumah bener bener kosong dan bapak bapak yang lain dateng lagi untuk ikut bergabung. Gue pun lanjut tidur diteras, fahri ngopi ngopi, fajar juga. Gue lemah banget sih! Pagi pun tiba, kampung yang cuman ada beberapa anggota keluarga ini menyambut kita dengan ramah. Seru banget ya, satu kampung cuman ada segini orang dan persis banget di pinggir pantai, beuh! Paginya kita main kepantai, siangnya makan ikan bareng semua keluarga yang pada ngumpul di salah satu rumah. Istilahnya, makan besar karena suami suami mereka yang habis kerja selama 1 bulan dijakarta dan baru pulang ke kampung. Kalo dilihat, harmonis banget J makan ikan sekampung gini. tinggal jalan kaki kedepan langsung pantai eksis dulu gais! tuh kalo lu teliti diujung sanah ada pohon kelapa jadi sebenenya dia ini? good view, good friends! Ohya, tuhkan. Lagi lagi gue kagak ngira diantara orang jahat terselip orang baik yang begitu banyak. Yang awalnya kita curigai malah bener bener baik banget sama kita bertiga, sampe kita diberhentiin bus yang arah ke taman jaya ujung kulon. Peringatan aja sih buat lo yang masih takut ini itu, yang masih takut ribet, yang masih takut ada apa apa dijalan, yang masih takut keluar dari zona nyaman. Iya, peringatan kalo jadi backpacker itu seru. Walaupun ada orang yang kagak sependapat sama kita, yang rata rata jalan jalannya enak terus, yang kesuatu tujuan tanpa cerita yang penting langsung nyampe. Heeeemmmmm. Hehehehehe :p Bodo-AH kagak mikirin, lo-lo gue-gue! BAB.3 ADA BADAI! Wohoooo, berpisahlah kita sama keluarga yang harmonis ini. Sekarang, kita udah ada di dalem bus local yang menuju ke taman jaya. FYI, harga ongkos nya gua lupa berapa yang jelas setara sama harga lu makan 1 porsi warteg. Murah meriah! Setelah beberapa tahun perjalanan ini tibalah kita disuatu tempat yang bisa gue bilang taman jaya. Akhirnya gue turun dan langsung diliat sama warga local, masuk sana-sini sampai akhirnya kita bingung mau ngapain dan kemana. Setelah rencana bulat kita pengen ke pulau peucang yang ada disebrang sana dan kita ketemu sama yang ngejaga taman jaya ini, setelah berdiskusi berat ternyata pulau peucang hanyalah sebuah derita. Karena harga untuk nyewa kapal murah banget bikin gue males untuk kesana. Andai, sewa kapal ke pulau peucang berjuta juta bahkan ratusan juta, baru gue bela belain kesana! Sekarang, mau ngapain? Pengen searching signal pada kandas, kalopun ada signal kuota yang kandas. good camp, good view! Berjalan-jalan memasuki vila orang yang didalemnya terdapat spot yang asik untuk ngecamp kita putusin untuk ngecamp disini. Galer tenda dan mengeluarkan semua peralatan perang kita. Kerjaan kita ditenda cuman, makan tidur tiduran bikin api unggun makan lagi tidur tiduran lagi dan tiduran beneran. Yaudah selamat tidur! “BWJBCEWYCVWCELCHEUFBCBSJDWECWDCCHWCBWECJHWCBJHDCWECW” Kira kira begitulah pagi pagi kita bangun dan denger suara angin yang berantakan. Tenda hamper mau terbang keatas dan menembus bumi meninggalkan kalean semua, kita bertiga bangun dan mempertahankan tenda ini dengan kaki dan tangan kita bertiga. Suasana tetep hening, cuman ada suara angina kenceng dan suara ombak yang mengamuk. Btw, ini komuk kita bertiga masih lecek parah, mulut belum nyentuh odol, masih slek. Belek masih gelantungan di komuk kita tapi bodoamatan yang penting tenda kagak hancur di serang angin badai. BAB.4 KAGAK JELAS BANGET INI SIH! Setelah habis perang sama angin, setelah habis boker di pantai. Kita bertiga packing dan keluar dari wilayah ini. Berpikir tanpa tujuan membuat kita ingin pindah ke suatu tempat yang kaga tau mau kemana, Pokoknya pindah. Berjalan dipinggir jalan bersama anak anak SD yang lagi pada mau berangkat sekolah. Dan, kita ketinggalan bus kearah pulang. Bus cuman ada pagi dan sore, wah titit! Jalanan bener bener kosong banget. Kata orang local kita disuruh nunggu truk truk yang mengarah ke labuhan. Fyi, jalanan arah ke ujung kulon maupun arah ke labuhan saat itu hancur parah, berlobang, pokoknya… duh! Gak tau sih kalo sekarang mah. Sudah teritung jari kita numpang truk yang cuman sebatas naik beberapa menit turun, berharap ada truk yang langsung nganterin kita ke depan rumah. Rencana kita sekarang main ke pantai didaerah labuhan. Kita tetep menunggu tumpangan truk selama beberapa jam. akhirnya terlihat sesosok mobil itu melaju dengan perlahan dan berhenti tepat didepan kita. HUP! Kita sekarang udah berada di atas truk yang entah mau kemana truk ini. Yang penting sekarang kita udah mengarah ke labuhan. Beberapa jam sudah kita berada di atas truk dengan jalan berlubang pala dibikin headbang, biji dibiking ngilu. Pemandangan kanan bukit kiri laut, kanan hutan, kiri hutan udah kita lewatin. Fajar : pak, ini sebenernya truknya mau kemana pak?! Kalo kerumah mantan, saya turun disini sekarang jugak! Supir : mau ke tanggerang! Ai : lah?! Fajar : waduh?! Gue : heemmm?!! Ai : gimana nih? Fajar : sabeb! Gue : coba Tanya jar, tanggerang sebelah mananya Surabaya? Fajar : tai! dari ujung kulon tau tau ketanggerang Setelah kita bertiga berdebat kagak jelas, yaudah. Mau gimana lagi coba? Kalo truk ini sekarang sudah mengarah ke tanggerang. Yaudahlah nikmatin aja dan kita bertiga lanjut tidur lagi tapi kali ini jalanannya lebih gila! “bletaakkk..bleeeetuk….bletaakkk..bletukkkkkk.” Kira kira begitulah suara truk kita yang diadu sama jalan berlubang, bangsat lah. Kali ini kita bener bener pengen muntah, mual banget perut, kepala pusing, pengen makan pizza, pengen nenen sama kucing! Supir nya ngehe emang! Dan kita mencoba untuk tidur. Semoga bangun bangun udah ada dipangkuan ariel tatum. Supir : tanggerang nih! Denger suara begitu kita langsung berdiri dan berada di pom bensin, turunlah kita dari truk itu setelah perjalanan berpuluh puluhan jam. tengkyu sir! Kita kekamar mandi beresin komuk dulu dan abis itu makan, terus naik angkot ke stasiun tanggerang, terus pulang. Udah gitu doing? Anjing banget yak? HAHA kagak jelas abis J Eit! Tapi jangan salah, perjalanan ini bener bener keren parah! Banyak pengalaman baru yang kita dapet. Seru pokoknya, bisa ketemu orang local, preman local. Bener bener tujuan yang aneh. HAHA! Yang niatnya pengen ngecamp lagi di daerah labuhan tiba tiba ada ditanggerang. Bener banget sih kata rangga AADC kalo backpacking itu “yang penting the journey, not the destination!” HAHAHA! Dah ah gitu aja ah, bye!
Rafii Fujiberkah
"Belum Ada Quotes"

Cerita Lainnya

Tak perlu banyak alasan untuk memulai.

Punya banyak alasan tak membuatmu maju ...

Sebuah Senja dan Sepotong Kue

Pada suatu senja yang lalu, aku menunggumu, rindu. ...

Dibalik Istana

ini adalah perjalanan seorang anak manusia yang mempunyai mimpi untuk bisa berada di Istan ...

KISAH IBU MELINDUNGI SETENGAH LUSIN ANAKNYA

Beliau mungkin menangis dalam diam tanpa kami semua tahu, ia tidak berhenti dan terus meng ...

traveling hemat kelabuan bajo dengan uang 600ribu!

open your eyes, adventure is calling you. now, or never! ...

Kisah Kecil Bocah Dekil

Bab1 (dan semoga memungkinkan untuk ada lanjutannya) ...

JIKA SAYA ADALAH MENTERI PENDIDIKAN

Jangan hanya bermimpi, tapi berjuanglah. Maka mimpimu akan satu langkah lebih cepat menjad ...

Tentang Kami

Contacts

Alamat : Jl. Wilis kramat no. 64 Nganjuk Jawa Timur
Email   : ordermanten@gmail.com
Phone  : + 6 2 8 1 2 8 4 0 7 3 0 0 6


Follow Us
  testing      
Maps