The Dreams Diary

Diposting pada 2017/09/20 oleh Meilia Citra 150 view

 

Di dunia ini setiap orang pasti mempunyai mimpi dan cita cita nya masing masing. Banyak orang bermimpi menjadi orang sukses dengan berbagai macam profesi. Menjadi dokter, jadi pilot, atau bahkan jadi artis.

Tapi ternyata dari sekian banyak orang di dunia ini ada juga yang mimpi nya harus ditunda / bahkan tidak terwujud  karena adanya beberapa faktor yang berpengaruh dalam hidup pribadi masing masing. Mulai dari adanya faktor biaya pendidikan, kesenjangan social, hingga karena harus mengalah pada keinginan orang tua.

Saya mau sedikit sharing tentang mimpi saya, dimana saya adalah seorang mahasiswi tingkat akhir yang sedang merampungkan KKP ( kuliah kerja praktek ) di sebuah kampus swasta di Jakarta. Saya nyasar masuk kandang Informatika, kenapa saya katakan nyasar ? karena saya sekarang merasa sangat salah memilih jurusan ( ada yang seperti saya ? *nyengir pait* )

Harapan saya untuk mahasiswa yang merasa salah jurusan tetap semangat ya guys. Saya sangat bisa merasakan kesedihan kalian, dari mulai males datang ke kampus, ke kampus tapi gapernah masuk kelas, atau malah masuk kelas tapi ga merhatiin dosen, malah mikirin gebetan ( mohon bersabar ini ujian ) , ada lagi yang masuk kelas tapi ya ga konsen , demenya buka instagram mulu maenin IG History, poto poto , sampe tidur di kelas. Kalo kalian awalnya ngira kuliah itu se keren di FTV, mending matiin TV kalian deh  karena Fakta akan berkata lain.

Sejak kecil saya sangat suka pelajaran Bahasa Indonesia, saat yang lain suka Matematika / IPA / IPS , tapi tidak dengan saya karena menurut saya pelajaran itu membosankan, saya memang lemah dalam hal berhitung. Saya lebih tertarik seni dan bahasa. Waktu SMA pun saya aktif di kegiatan Jurnalis sekolah. Mulai dari bikin puisi, cerpen, sampe belajar nulis novel sediri.

Sedih gak sih ketika kalian merasa punya passion tapi malah dimatikan oleh orang terdekat kalian? Apalagi kalo kalian bukan type anak yang berani menentang. Bukan berarti saya mengajari adek adek buat jadi anak kaya malin kundang yah dek, tapi mudah mudahan siapapun yang membaca tulisan saya ini meski tidak sependapat dengan saya tapi mampu mencerna pesan kebaikan yang akan saya sampaikan.

Teruntuk kalian yang merasa salah jurusan, tetap kembangkan hobby dan passion selama memang itu berdampak positif. Sedini mungkin jika kalian masih sekolah terutama bagi yang akan lulus SMA cobalah untuk kenali kemampuan diri sendiri, jangan labil ikut ikutan temen kuliah di sini karena kampusnya bagus, ikutan temen karena banyak yang daftar di  jurusan itu akhirnya kalian ngikutin juga lalu akhirnya seperti saya salah jurusanL, bagaimana dengan yang sudah tau passionya tapi tetap memilih jurusan lain karena ternyata kalian tau untuk masuk di jurusan yang kalian sukai banyak kendala? Tetap tegar bagai akar, kamu harus siap dengan konsekuensi kedepanya , hatimu harus sekuat baja . tetap jalani dan jangan pesimis ataupun lemah dengan keadaan.

Sejak kecil saya anak yang selalu menuruti keinginan orang tua, tanpa memikirkan keinginan saya sendiri. Saya selalu takut menyampaikan keinginan / pendapat saya. Hingga akhirnya orang tua saya ‘menanamkan cita cita beliau untuk harus saya wujudkan’ . Ayah saya suka sekali dengan pelajaran IPA, menyuruh saya belajar berhitung, disuruh sekolah farmasi, hingga disuruh ambil jurusan kebidanan. Sebagai anak saya sedih, saya tidak bisa menentang beliau karena beliau adalah orang tua saya, tapi saya juga tau kemampuan saya sampai dimana, untungnya ada beberapa kejadian yang membuat orang tua saya sadar bahwa passion saya memang bukan disitu. Meskipun sadar nya sudah terlambat tapi saya tetap bersyukur

Banyak sekali fenomena bahwa ketika ‘cita cita orang tua saat masih mereka kecil tidak tercapai, maka mereka akan memaksakan anaknya untuk mewujudkan cita cita mereka’. Dan tanpa sadar itu bisa mematikan kreativitas anak. Saya setuju dengan teori Albert Einstein bahwa ‘ Setiap anak itu Jenius. Tapi jika anda menilai ikan dari cara dia memanjat pohon, maka dia akan merasa bodoh seumur hidup.

Impian saya sampai saat ini adalah bukan menjadi seorang penulis terkenal tetapi menjadi penulis yang ‘Bermanfaat bagi orang lain dan mampu menginspirasi banyak orang’. Meskipun kuliah saya salah jurusan tapi saya tidak berhenti menulis dan tetap berusaha mengembangkan potensi saya, sebagai calon orang tua yang baik mulai dari sekarang tidak sepatutnya kita mematikan kreativitas anak. Kita bisa melatih itu dengan mampu menjadi pendengar yang baik kepada teman / sahabat kita atau bahkan siapapun itu jika memang dirasa perlu untuk di dengar. Mengubah pola pikir kita agar tidak menjadi manusia yang otoriter :)


Meilia Citra
""

Cerita Lainnya

Tak perlu banyak alasan untuk memulai.

Punya banyak alasan tak membuatmu maju ...

Sebuah Senja dan Sepotong Kue

Pada suatu senja yang lalu, aku menunggumu, rindu. ...

Dibalik Istana

ini adalah perjalanan seorang anak manusia yang mempunyai mimpi untuk bisa berada di Istan ...

KISAH IBU MELINDUNGI SETENGAH LUSIN ANAKNYA

Beliau mungkin menangis dalam diam tanpa kami semua tahu, ia tidak berhenti dan terus meng ...

traveling hemat kelabuan bajo dengan uang 600ribu!

open your eyes, adventure is calling you. now, or never! ...

Kisah Kecil Bocah Dekil

Bab1 (dan semoga memungkinkan untuk ada lanjutannya) ...

JIKA SAYA ADALAH MENTERI PENDIDIKAN

Jangan hanya bermimpi, tapi berjuanglah. Maka mimpimu akan satu langkah lebih cepat menjad ...

Tentang Kami

Contacts

Alamat : Jl. Wilis kramat no. 64 Nganjuk Jawa Timur
Email   : ordermanten@gmail.com
Phone  : + 6 2 8 1 2 8 4 0 7 3 0 0 6


Follow Us
  testing      
Maps